Jumat, 04 Februari 2011

MANFAAT KACANG HIJAU

Pohon kacang hijau banyak dibudidayakan karena tanaman ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Kacang hijau adalah jenis tanaman pendek, bercabang tegak, dan bunga yang berwarna kuning pucat atau kuning kehijauan. Bunga-bunga kacang hijau menghasilkan polong yang berisi sekitar 10-15 biji kacang hijau. Tanaman hasil budidaya palawija ini banyak terdapat di daerah tropis.
Tanaman yang berasal dari kelompok Leguminoceae ini bijinya mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan banyak protein. Di Indonesia khususnya, kacang hijau menempati urutan ketiga sebagai sumber protein nabati tinggi setelah kedelai dan kacang tanah.
Mengobati Penyakit Dalam
Anda yang sejak kecil sering mengonsumsi obat-obatan dengan senyawa antibiotik, pasti mengalami gangguan biokimia dalam tubuh seperti saat antibiotik bekerja menghambat pertumbuhan bakteri. Bersamaan dengan itu, terkadang bisa mendatangkan jenis bakteri yang justru kebal dan bisa menyerang fungsi kekebalan tubuh Anda. Dengan demikian, penyakit mudah datang kembali, bahkan dua kali lipat serangannya.
Kacang hijau dapat membantu meluruhkan gumpalan antibiotik yang mungkin masih tersisa dalam sistem organ tubuh Anda. Konsumsi saja aneka makanan berbahan dasar kacang hijau, seperti bubur kacang hijau, sup kacang hijau, tahu sutra, dan rempeyek.
Mengobati Penyakit Luar
Selain membantu memenuhi asupan gizi dan pencegahan penyakit dari dalam, kacang hijau ternyata mampu mengobati luka luar seperti terkilir. Cukup ambil satu genggam kacang hijau mentah, lalu hancurkan sampai halus sekali. Tambahkan serai yang ditumbuk halus, lalu beri air. Tempelkan hasil tumbukan tersebut pada bagian yang terkilir disusul dengan balutan kain kasa. Rasa hangat akan segera menjalar dan diamkan saja selama beberapa menit. Ulangi lagi sampai tiga kali.
Jangan lupa, setiap kali mengganti pembalut, bersihkan bagian yang luka dengan air bersih. Lakukan ini terus-menerus sampai bagian yang terkilir tidak terasa nyeri lagi. Masalah kaki lain, seperti varises, juga bisa diminimalisasi dengan mengonsumsi rebusan biji kacang hijau tiap pagi sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur.
Tanaman Unik
Tanaman kacang hijau termasuk jenis tanaman unik karena bijinya dapat dimanfaatkan untuk membuat beraneka jenis pangan. Biji mentahnya yang direbus sampai matang dapat dimakan langsung atau sebagai campuran sup. Dalam keadaan mentah dan sudah dicuci bersih, biji kacang hijau dapat dijadikan bahan untuk membuat peyek yang dicampur dengan tepung beras dan sedikit bumbu.
Perebusan yang cukup lama akan membuat pati dalam biji kacang hijau keluar dan tinggal menambahkan santan, gula merah yang diiris-iris, serta daun pandan. Selanjutnya, bubur pun siap disantap. Kacang hijau juga bisa dibuat tepung yang dikenal dengan nama hunkue. Tepung ini sering dijadikan mi soun dan bahan campuran pembuatan kue. Dalam ilmu biologi, kacang hijau dapat dikembangkan menjadi tauge yang kaya akan vitamin E dan bermanfaat bagi kesuburan.
http://www.anneahira.com/pohon-kacang-hijau.htm

Tidak ada komentar: