Minggu, 30 Januari 2011

Ingin Panjang Usia? Olah Raga Saja!

Studi selama 20 tahun terhadap gaya hidup dan pola olahraga 17 ribu pria alumnus Universitas Harvard, mengungkapkan betapa pentingnya olahraga. Studi tersebut membuktikan bahwa olahraga dengan intensitas sedang, seperti joging sekitar 4 km sehari, tak hanya meningkatkan kebugaran, tetapi juga menambah usia.

Berikut ini hasil penelitian dari universitas paling bergengsi di Amerika Serikat itu. Ingin Panjang Usia? Olahraga Saja!
  • Pria yang rajin olahraga punya harapan hidup lebih tinggi dibanding pria yang gaya hidupnya banyak duduk di depan komputer.
  • Olahraga rutin menghadang efek memperpendek usia gara-gara merokok dan kelebihan berat badan.
  • Pria penderita tekanan darah tinggi yang rajin olahraga memiliki tinkat kematian separuh dibanding mereka yang tidak olahraga.
  • Pria yang jalan kaki sekitar 15 kilometer seminggu atau lebih memiliki tingkat kematian 21 persen lebih rendah dibandingkan pria yang jalan kaki hanya 4 kilometer seminggu atau kurang.
  • Olahraga teratur menghadang kecenderungan penyakit genetis yang menyebabkan kematian. Pria yang satu atau kedua orangtuanya meninggal sebelum usia 65 tahun, tingkat kematiannya berkurang sebanyak 25 persen berkat olahraga teratur.
  • Pria yang sangat aktif, termasuk mereka yang senang olahraga, memiliki harapan hidup yang paling baik. Ini karena kematian gara-gara penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi lebih sedikit.
Sumber : Men's Health

Tidak ada komentar: